Chelsea Susul Liverpool ke Final Piala FA

Chelsea Susul Liverpool ke Final Piala FA - Tundukkan Tottenham dengan skor 5-1 di stadion Wembley dalam semifinal Piala FA yang diwarnai sebuah kontroversi, Senin (16/4), Chelsea pun sukses menyusul Liverpool ke partai puncak.

Selebrasi Juan Mata usai mencetak gol kedua Chelsea © AFP
Di semifinal yang lain sehari sebelumnya, The Reds mengalahkan Everton dengan skor 2-1.

Pertandingan berjalan cukup seimbang, bahkan sangat alot, khususnya di babak pertama, hingga akhirnya Didier Drogba membawa Chelsea unggul terlebih dahulu beberapa menit menjelang jeda dengan tendangan half-volley brilian memanfaatkan umpan panjang John Terry.

Di awal babak kedua, wasit Martin Atkinson membuat sebuah keputusan kontroversial. Dia mengesahkan gol Chelsea hasil sepakan Juan Mata dalam sebuah kemelut di kotak penalti Tottenham, padahal tayangan ulang memperlihatkan bahwa bola belum melewati garis gawang.

Para pemain Tottenham melancarkan protes keras, tapi wasit tetap pada pendiriannya.

Enam menit setelah 'gol siluman' itu, Tottenham memperkecil selisih skor menjadi 2-1. Emmanuel Adebayor dijatuhkan oleh Petr Cech di dalam area terlarang dalam situasi one-on-one setelah menerima umpan terobosan Scott Parker, dan Gareth Bale yang berlari di sisi satunya dengan mudah menyarangkan bola lepas ke gawang yang kosong. Beruntung bagi Cech, tidak ada kartu merah untuknya.

Dalam proses gol Tottenham itu, David Luiz mengalami cedera saat berlari mengejar Adebayor, dan kemudian digantikan oleh Gary Cahill.

Ketika Tottenham meningkatkan tekanan demi menyamakan kedudukan, mereka justru semakin terpuruk setelah Chelsea mencetak dua gol tambahan hanya dalam kurun waktu empat menit lewat Ramires serta Frank Lampard.

Di menit keempat dari lima menit injury time babak kedua, Chelsea melengkapi derita Tottenham dengan gol kelima hasil sontekan Florent Malouda setelah menerima assist sempurna Mata.

Skor 5-1 bertahan hingga peluit panjang, dan Chelsea pun melenggang ke final Piala FA keempatnya dalam enam tahun terakhir.

Statistik Tottenham - Chelsea
Penguasaan bola: 51% - 49%
Shot (on goal): 8 (6) - 16 (10)
Corner: 8 - 8
Pelanggaran: 8 - 8
Offside: 0 - 2
Kartu kuning: 3 - 2
Kartu merah: 0 - 0

Susunan pemain Tottenham: Cudicini; Walker, Gallas, King, Assou-Ekotto; Lennon, Parker (94' Sandro), Modric, Bale; Van der Vaart (75' Defoe); Adebayor.
Cadangan: Friedel, Nelsen, Rose, Dos Santos, Livermore, Sandro, Defoe.

Susunan pemain Chelsea: Cech; Bosingwa, Luiz (59' Cahill), Terry, Cole; Mikel, Lampard; Ramires (83' Malouda), Mata, Kalou; Drogba (85' Torres).
Cadangan: Turnbull, Cahill, Essien, Meireles, Malouda, Sturridge, Torres.

Pencetak gol:
43' (0-1) Drogba
49' (0-2) Mata
56' (1-2) Bale
77' (1-3) Ramires
81' (1-4) Lampard
94' (1-5) Malouda

Kartu kuning: Drogba (16'), Gallas (80'), Adebayor (90'), Parker (90'), Mikel (90').

Partai pamungkas untuk menentukan juara Piala FA 2011/12 antara Liverpool kontra Chelsea akan digelar 5 Mei di tempat yang sama, stadion Wembley. (bola.net)


Iklan Pilkada

No comments:

Write a Comment


Top